Rabu, 06 September 2017

RAJA TINONGGO



Raja tinonggo adalah kumpulan para tetua-tetua maupun tokoh-tokoh batak yang di undang dalam suatu hajatan atau adat batak dalam satu lingkungan tertentu untuk mendoakan maupun mengatur jalannya sebuah acara adat serta hukum-hukum adatnya. Biasanya para Raja tinonggo itu masih satu marga atau masih satu nenek moyang walau beda marga.

Raja tinonggo sangat berperan dalam pelaksanaan adat dan dalam kehidupan bermasyarakat orang batak. Terutama pada saat hajatan orang meninggal dunia, raja tinonggo sangat dihormati. Bahkan mereka terkadang harus dilayani lebih dari pelayanan kepada hula-hula. Kenapa???
Karena Raja tingonggo berperan kuat dan bertanggung jawab penuh akan kelangsungan acara adat tersebut sampai selesai. Apabila ada perbedaan hukum dan tata cara adat antara pihak yang datang (hula-hula) dengan hasuhuton, maka Raja tinonggolah yang harus mempersatukannya.

Contohnya : Adat Sipaettua mempunyai perbedaan dengan beberapa adat di sekitar bonapasogit terutama pada penerimaan ulos holong kepada keturunan orang yang telah meninggal dunia. Di daerah Sipaettua  hasuhuton tidak diperbolehkan menerima ulos pada saat acara adat kematian sesuai hukum adat yang telah diturunkan dari turun temurun nenek moyang Sipaettua sedangkan daerah lain itu sah dan harus menjadi kewajiban. Apabila ada hula-hula yang memaksakan harus memberikan ulos pada saat itu, makan Raja tinonggo akan memberikan keterangan dan meminta kepada pihak hula-hula untuk mengurungkan niatnya karena telah bertentangan dengan hukum adat Sipaettua. 
Dan sebagai tanggungjawab Raja tinonggo, mereka akan menjadi pihak terakhir yang memberikan ucapan dan doa kepada hasuhuton bersama wakil pemerintah atau disebut juga dengan Paampuhon. Baru setelah itu acara dilanjutkan dengan kebaktian dan penguburan.

Raja Tinonggo juga memiliki hak keistimewaan yaitu tidak diharuskan untuk membawa “tumpak” maupun “sipir ni tondi” saat acara hajatan (free). Dan pelayanan bagi para Raja Tinonggo bisa dikatakan memiliki nilai plus dari tamu lainnya, seperti lauk makan maupun jambar berupa daging dengan porsi lebih besar dan lebih banyak. Dan penghormatan lebih dari hasuhuton buat para Raja Tinonggo dengan menyalami setiap Raja tinonggo satu persatu sebelum acara Mangarapot di mulai.
Sebenarnya Raja Tinonggo bukan hanya berperan penting pada saat acara adat saja. Di sebagian daerah Raja Tinonggo juga pernah dikatakan bertanggung jawab untuk mendamaikan permasalahan yang bersangkutan dengan batas-batas tanah warisan leluhur. Memusyawarahkan peraturan-peraturan hukum daerah. Meminta doa agar turun hujan disaat musim kemarau, dan lain sebagainya.
                                                                                                                                                                



Apakah ada persyaratan jadi Raja Tinonggo ?
Pasti ada. Yang paling umum dan harus, yaitu:
  1. Raja Tinonggo harus tahu  dan paham akan hukum dan peraturan-peraturan adat di daerahnya. 
  2.   Sudah resmi menikah secara adat. 
  3.   Sebagian daerah mengharuskan Raja tinonggo itu sudah marpahompu.
  4.   Sebagian daerah Raja Tinonggo tidak boleh duda. 
  5.   Harus memiliki keyakinan dan iman yang kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar doanya dikabulkan. 
  6. Bersedia memberikan waktu dan kemampuannya sampai acara adat selesai
  7. Memiliki wawasan luas tentang sejarah daerahnya.  
  8. Sabar dan tauakal (parbahul-bahul nabolon), dll
Raja Tinonggo berbeda dengan Raja Bius walaupun memiliki banyak persamaan.
Perbedaannya hanya Raja Bius itu adalah tokoh-tokoh adat yang berbeda marga, berbeda nenek moyang tapi sama dalam satu ruang lingkup atau lokasi. Mungkin di daerah itu nenek moyang mereka sama-sama membuka lahan perkampungan tapi tidak memiliki hubungan kekerabatan.
Tapi tugas dan tanggung jawab maupun haknya sama dengan fungsi, tugas, dan tanggungjawab Raja Tinonggo.

Inilah sekilas info tentang Raja Tinonggo.
Mohon diklarifikasi jika ada kekurangan penulisan dan isi.
Terimakasih.

 

1 komentar:

  1. Videos on YouTube! The Story of the Prophet - VideoDLC
    Youtube is one of the most widely viewed sites in the world and the official leader in youtube mp4 video-streaming. videos on YouTube, like

    BalasHapus